Gubernur Koster Minta BUPDA Jadi Kekuatan Perekonomian Bali

Denpasar (SuratKabarBali.com) – Gubernur Bali, Wayan Koster menghadiri Pesamuhan Agung IV Majelis Desa Adat (MDA) Bali warsa 2023 dan Peluncuran Baga Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA) pada, Sabtu,  26 Agustus 2023 di Wantilan Pura Samuan Tiga, Gianyar.

Dalam sambutannya,  Gubernur Bali, Wayan Koster menegaskan Desa Adat di Bali adalah warisan leluhur Ida Bhatara Mpu Kuturan yang memiliki nilai sejarah dan peradaban untuk menjaga Pulau Bali yang memiliki kekayaan dan keunikan adat istiadat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal Bali.

Untuk itu, dalam menjaga keberlangsungan Desa Adat di Bali agar selalu eksis, survive, bersaing dengan mengikuti perkembangan zaman dan modernisasi kehidupan, Titiang mengajak seluruh Desa Adat di Bali untuk betul – betul mengembangkan perekonomian Bali melalui kelembagaan BUPDA.

“ BUPDA ini sangat penting, selain untuk memajukan perekonomian di Desa Adat, juga memiliki tujuan mulia untuk menggerakan kekuatan ekonomi Bali dengan memberdayakan Krama Desa Adat demi terwujudnya kesejahteraan Krama Desa Adat di Bali,” ujarnya.

“Karena itulah, Titiang meminta Bendesa Agung MDA Provinsi Bali bersama Dinas PMA Provinsi Bali untuk mempercepat terbentuknya BUPDA, yang saat ini baru berdiri sejumlah 344 BUPDA dari 1.493 Desa Adat di Bali,” imbuhnya.

Dalam acara peluncuran BUPDA, Gubernur Bali, Wayan Koster menyerahkan penghargaan kepada 20 BUPDA di Kabupaten/Kota se-Bali, yaitu: 1) BUPDA Desa Adat Bualu, Badung; 2) BUPDA Desa Adat Tanjung Benoa, Badung; 3) BUPDA Desa Adat Kuta, Badung; 4) BUPDA Upadesa, Bangli; 5) BUPDA Desa Adat Batur, Bangli; 6) BUPDA Desa Adat Panji, Buleleng; 7) BUPDA Desa Adat Bebetin, Buleleng.

Kemudian,  8) BUPDA Amertha Prakerthi, Gianyar; 9) BUPDA Desa Adat Manukaya Anyar, Gianyar; 10) BUPDA Desa Adat Sumbersari, Jembrana; 11) BUPDA Desa Adat Manggissari, Jembrana; 12) BUPDA Nyegara Gunung, Karangasem; 13) BUPDA Tedung Buana Karya, Karangasem; 14) BUPDA Batur Sari, Karangasem; 15) BUPDA Desa Adat Gelgel, Klungkung; 16) BUPDA Sari Segara Bhuwana, Klungkung; 17) BUPDA Artha Jaya Wiguna, Tabanan; 18) BUPDA Pitamaha Loka, Tabanan; 19) BUPDA Desa Adat Padangsambian, Denpasar; dan 20) BUPDA Galang Kangin, Denpasar. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *