Polsek Padangbai Laksanakan Persembahyangan bersama dalka Hari Suci Tumpek Landep

 

 

Polda Bali-Polres Karangasem–Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai – Hari Raya Hindu Tumpek Landep merupakan hari raya pemujaan kepada Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai Dewanya Taksu.

 

Pada hari raya Tumpek Landep dilakukan upacara pembersihan dan penyucian aneka Pusaka Leluhur seperti Keris, Tombak dan sebagainya sehingga masyarakat Bali sering menyebut Tumpek Landep sebagai Otonan Besi.

 

Sabtu, 3/6/2023, Bertempat di Halamanan Mako Polsek Padangbai/Padmasana Polsek Padangbai tergelar semua kendaraan dan senjata, untuk di upacarai yang dipimpin Jero Mangku I Wayan Marsa ( Jero Mangku Pura Puseh Desa Padangbai ) yg dihadiri Kapolsek Padangbai Kompol A. A Ngurah Agung, S. H bersama Personil Polsek Padangbai yg beragama hindu untuk melaksanakan persembahyangan bersama dalam rangka upacara Tumpek Landep.

 

Kapolsek Padangbai selesai kegiatan Persembahyangan menjelaskan, Hari Raya Tumpek Landep itu sendiri yang lebih menitik beratkan, agar umat selalu ingat untuk mengasah pikiran (Manah), Budhi dan Citta. Dengan Manah, Budhi dan Citta yang tajam diharapkan umat dapat memerangi kebodohan, kegelapan dan kesengsaraan dan Tumpek Landep adalah tonggak untuk mulat sarira/introspeksi diri untuk memperbaiki karakter agar sesuai dengan ajaran agama, jelas Kapolsek”.

 

“Selain itu, dalam momentum Hari Tumpek Landep Ini, memohon kepada tuhan agar pikiran yang baik datang dari segala arah, sehingga kita hidup dapat bermanfaat untuk alam semesta dan sesama, “ imbuhnya”

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *