Disbudpar dan Komite Ekraf Kudus Raih Juara I dalam ajang Jakarta Kreatif Ekspo 2022

suratkabarbali.com, Jakarta – Kudus berjaya dalam ajang Jakarta Kreatif Festival 2022, di Jakarta.  Stand tematik bergaya Kudusan yang mengusung tema “Berkreasi & Terus Bertumbuh”, mengangkat arsitektural cagar budaya Menara Kudus. Susunan pasangan batu bata yang menjadi ciri arsitektural Menara, diadopsi pada tiang bangunan stand, dan listplang kayu  pada muka utama serta tampak samping serupa bentuk atap pada bangunan khas Kudus.

Kudus  menghadirkan produk-produk unggulan seperti industri Kuliner dan makanan dalam kemasan khas Kudus, Fesyen yang diwakili oleh Produk Batik dan Bordir Kudus, Kopi Robusta Muria, Art Desain Grafis, Anyaman Rotan, Kerajinan Tas dan  Biola Bambu.  Pada hari pertama penyelenggaraan Jakarta Kreatif Ekspo 2022 ini produk-produk yang ditawarkan dalam stand Kabupaten Kudus mengundang banyak perhatian dari pengunjung.

Produk Jenang dan Bonang Bolen langsung ludes terjual kurang dari 2 jam setelah Jakarta Kreatif Ekspo 2022 resmi dibuka. Produk lain yang menjadi favorit pengunjung adalah Kopi Muria  berupa biji kopi goreng sangan (roastbean) dan bubuk produk petani kopi, serta layanan seduh kopi., Kolaborasi yang baik dua barista, Mr. Mbenx dari Sidjiecoffe dan Ridlo dari Colo (Kopi Zayna) sempat kualahan melayani pengunjung yang ingin mencoba dan membeli Kopi Muria.

“Kami berharap kerja sama dengan Komekraf, akan menghasilkan kerja tim yang makin padu. Tidak hanya dalam soal pameran, tetapi juga untuk program pemajuan ekraf,” tutur Kepala Disbudpar Kudus, Mutrikah SH didampingi Ketua Komekraf Kudus, Valerie Yudistira Pramudya.

Dalam sesi talk show   Kepala Disbudpar Mutrikah SH didampingi Valerie yang juga pemilik Kedai Sidjicoffee serta petani kopi Rindlo, mendapat kehormatan untuk mengampanyekan potensi dan daya tarik wisata di panggung arena pameran pada Sabtu, 3 Desember 2022.
Secara bergantian, Valerie dan Rindlo memeragakan penyeduhan kopi, dan dibagikan kepada pengunjung.
Mutrikah antara lain memancing pengunjung dengan melempar kuis spontan.

Untuk memeriahkan dan mempromosikan prosuk kopi dari lereng gunung Muria ini Bunda Tika Panggilang akrab Kepala dinas Budpar Kudus, membuat game kecil dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan wisata dan kuliner kudus.
“Ada berapa Wali yang merupakan Wali Sanga di Kudus, serta apa nama museum yang ada di Kudus?” tanya  Bunda Tika.
Mereka yang berhasil menjawab satu pertanyaan, diberi hadiah kopi bubuk kemasan.

(Jo)